Senin, 07 Mei 2012

Tips KKN reguler di daerah pedalaman:

Diposting oleh Snowwhitesister di 09.21
Seperti kata pepatah, pengalaman adalah guru terbaik. kita gak akan bener2 tau hal-hal kecuali kita bener2 udah ngejalani hal itu. paling mentok ya kita cuma bisa punya bayangan aja. sama kea si penulis yang kerjaan nya cuma ngebayangin hal-hal indah tentang KKN. padahal logika dasar nya aja KKN kan masih mata kuliah, mana ada kan mata kuliah yang gurih, yang pait sih berserakan, Berceceran malah -__-".
secara dari hari penepatan wilayah aja langsung teriak sambil pegang2 kepala"Tidakkkk... YA ALLAH... PAK TUKER NA PAK! TUKARRRR!!! huaaa TUKARRRR!!!" agak lebay memang saat itu.

nah supaya adek-adek yang belum ngejalanin KKN punya gambaran tentang KKN paling gak si penulis yang mau bagi-bagi tips buat yang mau menjalan tugas mulia KKN supaya KKN tetap jadi (Kuliah Kerja Nyata) dan jauh dari kesan (Kisah Kisah Ngenes).

Berikut tips nya: \(^0^)/


1. Cek Wilayah
Nah ini hal PENTING, pokok nya jantung nya perencanaan yang musti dilakukan begitu tau wilayah penempatan KKN nya. nyari nya bisa  lewat kenalan yang mungkin kalian tau, terserah deh kakak tingkat, paklek2 bakso, acil nasi kuning atau siapa juga... TANYA AJA. setelah itu bisa kalian cari lagi di abang Google. apa sih yang musti kalian cari tau? berikut perkiraannya:

a. LISTRIK
Waktu KKN sipenulis bener2 menyadari penting dan indah nya tinggal ditempat yang listrik nya. Actually ada beberapa tempat yang belum dibelai sama listrik, nah pastikan dulu daerah KKN kamu-kamu ada listrik atau gak. kalo misalnya gak ada listrik mending barang-barang kea kipas, rice cooker, kulkas, kursi listrik dsb gak usah dibawa2. endingnya cuman menuhin tempat & useless.

tapi tenang biasanya sekalipun gak ada listrik warga-warganya pakai genset waktu malam. kebetulan si penulis dapat tempat yang gak ada listriknya jadi dalam waktu sehari paling gak 4 jam posko KKN dialiri listrik. biasanya kalo sudah gitu bakal berebutan ngecash HP sama laptop. 

b. Air
Alhamdulillah kalau dapatnya tempat yang ada air keran nya (biasanya wilayah pantai sih pake keran). paling yang musti dipersiapkan ya cuman rajin2 nampung air, jadi kalau mati gak repot.

bersabarlah kalau dapat daerah sungai. itu tandanya kalian mandinya musti disungai. siapkan memang kain atau biasanya nya disebut TILASAN. Tolong jangan ada otak yang kepikirin pake bikinin atau swimsuit. bisa DIBAKAR warga ANDA!!! dan lagisewaktu mandi waspada lah sama buaya nya, baik buaya sungai maupun buaya darat!!!

c. Sinyal
Nah kalo yang ini langsung tanya aja sama warga disekitar tempat KKN, beberapa tempat di pedalaman biasanya sinyal nya sering kawin lari & kabur kemana-mana. dulu aja waktu KKN musti naik keatas pohon lomba sama monyet kalo mau nelpon. gak semua tempat dapat sinyal terkadang kita musti keluar posko buat nyari sinyal. jadi kalo ada diantara calon KKN yang gak bisa lepas sama HP ini adalah cobaan buat mu. hahahaha

2. Persiapkan Mental

seperti yang tertera diatas. pasti nya wilayah KKN sama tempat tinggal dan kost an dikampus itu BEDA. yang biasanya habis pulang kuliah langsung tidur dikasur empuk, kalo kepanasan tinggal nyalain kipas, makan tinggal beli, cucian tinggal kirim ke laundry pokonya biasa terlayani lah. kalo pas KKN kebalik kalian harus sadar diri kalo kalian yang ngelayani warga. terima keadaan dengan lapang dada ngomel2 gak ngubah keadaan.

dan lagi orang-orang baru pastinya punya sifat-sifat baru. gak perlu diambil hati kalo ada beberapa warga yang keliatan menunjukan sikap gak suka atau suka nyebar gosip jelek. dibawa santai aja. Gosip itu gak terlalu ngefek sama pencitraan diri. sikap mu yang membentuk pencitraan mu #tsah

eniwei ada juga daerah2 baru yang dijadikan wilayah KKN. it means that, kita bisa jadi orang yang pertama kali KKN diwilayah itu kalo sudah kea gitu bakal diguyur pertanyaan sama warga. gak usah panik, kalo aku sih waktu itu jelesin aja sambil baca buku panduan hehehe...

hal unik ttg warga ditempat KKN ku dulu, mereka mikirnya asal sarjana pasti tau segala hal. contoh salah satu kejadian sipenulis pernah diajak bicara sama salah orang penting kampung panjang lebar tentang permasalah hukum tanah & bla bla bla... disana. padahal bukan jurusan hukum -_-. dijelaskan berapa kali juga si bapak ini selalu menekan kan, loh andakan sarjana. :') huaaa  rasanya pengen ngukus diri sendiri dipanci. pdhl catetan CALON sarjana loh belum sarjana dan sekalipun sarjana bukan dibidang hukum.

Tambahan lagi: Atur ekpresi dan cara bicara.  se enggak suka-suka nya sama orang disana ataupun apa aja deh yang kalian gak suka tetep PASANG POKER FACE. keep kalem sekalipun disaat kalian sudah dipojok rasa dongkol sampe pengen ngegiles nyakar ataupun meneteskan air mata. ini saat nya kalian menempa mental dan bakat akting kalian demi kebaikan sendiri.

3. Gak usah ngehayal tinggi2 APALAGI romantis-romantis
ini bukan drama korea atau manga shoujo lho!!! banyak yang mikir, wah KKN ajang cinlok nih. gak selalu tauk... cuma beberapa ekor aja yang kebetulan cinlok pas KKN, dan lagi yah belum tentu teman satu KKN kalian single dan tipe kalian. kalo CEKCOK sih PASTI!!!

lagi...lagi nih biasanya kalo ada yang pacaran dikelompok KKN untung aja kalo pacaran nya normal. nah tapi kalo si pasangan ini kea ababil suram lah kehidupan kelompok lain nya. BUKAN karna iri. sumpah bukan!!! cuman bayangin aja kalo lagi beratem sedikit aja bedua orang ini bisa mendadak marah2 sendiri & gak mau kerja dengan alasan LAGI BERANTEM terus pas udah baikan langsung mendadak pamer kemesraan. YA Tuhan ambil kembali mereka hahaha #agaksadisya

4. Belajar menyesuaikan diri
Adaptasi itu memang proses penting bagi semua mahluk hidup. adaptasi disini ya lebih kea penyesuaian pola hidup, pola makan, pola berbicara, pola berbusana & pola2 lainya. buat yang biasa pakai make-up tebal, baju-baju pendek, sepatu high hells yg kea menara Eiffel mungkin ada baik nya disimpen dulu kebiasaan itu sampai pulang. soalnya selain gak enak dilihat, pasti nya bakal bikin gak nyaman didiri sendiri juga.

Pesan terakhir: Buat para mahasiswa yang KKN didaerah pedalaman padahal gak terbiasa dengan hal-hal seperti diatas. Minggu awal pasti bakal berasa BERAT SEKALI. Tapi tenang segala sesuatu itu pasti terlewati. yang jadi pertanyaan terlewati dengan baik atau gak?, terus hikmah apa yang bisa kalian ambil?.

kalo ada yang mau ditanyakan silahkan komen

akhir kata maaf kalo ada kata2 yang salah, atau pun menyinggung soal nya gak ada maksud demikian. BTW  Terima kasih sudah mampir & Semangat ya...  ^^

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Thank you

Outbound di Malang on 3 Juni 2012 pukul 21.24 mengatakan...

Kunci keberhasilan adalah menanamkan kebiasaan sepanjang hidup Anda untuk melakukan hal - hal yang Anda takuti.
tetap semangat tinggi untuk jalani hari ini ya gan ! ditunggu kunjungannya :D

Posting Komentar

 

I Love My Life Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei